Selamat Datang

Belajar Ilmu Gulma merupakan blog baru untuk mendukung pembelajaran belnded learning mata kuliah Ilmu Gulma bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog ini merupakan pembaruan dari blog mata kuliah Ilmu Gulma sebelumnya, yang digunakan untuk mendukung pembelajaran blended learning sampai pada semester ganjil 2017/2018. Sejak semester ganjil 2020/2021, blog ini dimodifikasi untuk melaksanakan pembelajaran secara daring penuh. Silahkan kunjungi blog lama untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan yang akan diberikan melalui blog baru ini. Seluruh mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman Semester Ganjil Tahun 2021/2022 wajib melakukan registrasi mata kuliah secara daring (online) dan memeriksa hasil registrasi. Silahkan menjelajah dan membaca. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.

Semester Lampau

Halaman Semester Lalu ini akan menjelaskan hal-hal yang sudah dilakukan oleh mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester sebelumnya. Silahkan kembali membuka halaman ini sewaktu-waktu supaya Anda jangan ketinggalan informasi.

Semester Ganjil 2020/2021

Materi 2.1. yang untuk sementara diabaikan karena sudah diuraikan pada materi 1.2.
Karakteristik khusus pertumbuhan, perkembangan, dan pemencaran tumbuhan yang memungkinkannya sebagai OPT golongan gulma mencakup:
  • Mampu berkecambah dan tumbuh dengan mentoleransi berbagai kondisi lingkungan alami maupun lingkungan binaan, mencakup kondisi fisik, kimia, hayati, maupun buatan manusia. Kondisi lingkungan fisik mencakup antara lain ruang tumbuh, sinar matahari, tekstur dan struktur tanah. kekeringan, dan banjir, kondisi lingkungan kimia mencakup antara lain air, unsur hara, dan pH, kondisi hayati mencakup antara lain musuh alami, kondisi lingkungan buatan manusia mencakup antara lain teknik pembukaan lahan dan teknik buiddaya.
  • Mampu tumbuh secara vegetatif dengan cepat disertai dengan adaptasi morfologi khusus yang memungkinkan gulma mengatasi pertumbuhan tanaman dan menghindarkan diri dari gangguan oleh organisme lain dan untuk perkembangbiakan. Organ khusus yang dimiliki gulma untuk mengatasi pertumbuhan tanaman mencakup pola pertumbuhan memanjat dan berbagai jenis sulur untuk tumbuh memanjat, organ untuk menghindarkan diri dari gangguan mencakup berbagai jenis duri dan rambut yang menimbulkan iritasi, sedangkan organ perkembangbiakan vegetatif mencakup rimpang, stolon, umbi batang, umbi lapis, dan kecambah daun.
  • Mempunyai organ khusus atau cara khusus untuk bersaing dengan tanaman, misalnya dengan mempunyai perakaran yang dalam dan rapat, tumbuh membentuk rumpun yang besar, membentuk akar dari batang, membentuk tajuk dengan daun sangat lebat, menghasilkan senyawa kimia yang merugikan individu tumbuhan lain di sekitarnya.
  • Menghasilkan biji dalam berbagai kondisi lingkungan dalam jumlah banyak dan dilengkapi dengan alat pencar khusus, baik pada buah maupun biji sendiri, untuk memanfaatkan faktor lingkungan dalam melakukan pemencaran dan menghindarkan diri dari predasi. Gulma dapat menghasilkan biji tanpa memerlukan kondisi lingkungan khusus sebagaimana halnya tanaman (misalnya fotoperiode) dan jumlah biji yang dihasilkan pada umumnya sangat banyak. Biji juga dilengkapi dengan organ khusus untuk menemprol, melayang di udara, mengapung di air, dimakan satwa liar, dan sebagainya, yang memungkinkannya dapat memencar dalam jarak yang jauh. Baca buku teks Fundamentals of Weed Science halaman 85-86.

  • Mempunyai biji yang dapat bertahan lama dalam tanah dan memerlukan rangsangan tertentu untuk berkecambah. Biji gulma tetap mampu berkecambah dengan persentase yang tinggi meskipun berada dalam tanah dalam waktu yang sangat lama, sedangkan biji tanaman akan hilang kemampuan berkecambahnya setelah biji disimpan beberapa lama. Perkecambahan biji gulma dikendalikan melalui mekanisme internal yang disebut dormansi yang memerlukan rangsangan tertentu untuk mematahkannya.

Berbagai faktor lingkungan dapat mendorong tumbuhan berstatus sebagai OPT golongan gulma, yang terpenting di antaranya adalah:
  1. Kekeringan berkepanjangan memungkinkan hanya jenis-jenis tumbuhan tertentu yang mempunyai perakaran dalam, organ penyimpanan di dalam tanah, atau menghasilkan biji yang dapat bertahan terhadap kekeringan yang dapat bertahan. Sementara itu, kekeringan memperlemah jenis-jenis tumbuhan lainnya yang tidak mempunyai organ khusus tersebut tidak mampu bertahan sehingga pada saat hujan turun, gulma menjadi pihak yang lebih diuntungkan. 
  2. Kebakaran mempengaruhi tumbuhan menjadi gulma melalui proses yang kompleks karena jenis-jenis tertentu peka terhadap kebakaran, sedangkan jenis-jenis lainnya justeru memperoleh keuntungan dari kebakaran. Jenis-jenis yang tahan terhadap kebakaran mempunyai struktur morfologi batang yang khusus untuk tumbuh kembali dengan cepat setelah kebakaran, menghasilkan biji yang dapat tertimbun di lapisan tanah yang dalam, atau mempunyai struktur vegetatif khusus dalam tanah yang dapat bertahan dari kerusakan yang ditimbulkan oleh api. Spesies-spesies yang tahan terhadap kebakaran akan potensial menjadi gulma yang dominan. 
  3. Hujan lebat, banjir, erosi, dan tanah longsor dapat menyebarkan biji jenis-jenis gulma tertentu ke lokasi-lokasi yang sebelumnya belum terinfestasi oleh jenis-jenis gulma tersebut. Setelah hujan reda, banjir surut, erosi dan tanah longsor berhenti, akan tercipta wilayah terganggu (disturbed areas) dalam skala yang luas yang terbuka terhadap invasi spesies gulma dari luar. 
  4. Terbebas dari musuh alami karena menyebar ke luar daerah sebaran geografis alaminya. Di wilayah yang baru gulma tersebut tidak mempunyai musuh alami yang dapat menekan pertumbuhan dan dinamika populasinya sehingga dengan mudah menguasai dan menjadi dominan.

Manusia dapat mendorong tumbuhan tertentu dapat berstatus sebagai OPT golongan gulma melalui kegiatan:
  1. Pembukaan lahan yang dilakukan secara kurang hati-hati akan menguntungkan perkembangan gulma karena menyediakan tempat kosong untuk ditumbuhi oleh jenis-jenis tumbuhan yang mempunyai karakteristik menjadi gulma dan mengurangi kemampuan jenis-jenis tumbuhan yang telah ada sebelumnya untuk bersaing dan mengalahkan jenis-jenis tumbuhan yang menggulma. 
  2. Budidaya satu jenis tanaman semusim secara terus menerus memungkinkan biji gulma jenis-jenis tertentu, terutama jenis-jenis yang berkambah lambat, terakumulasi menjadi semakin dominan pada musim tanam serikutnya. Pergiliran tanaman dapat mengatasi terjadinya hal ini karena jenis tanaman yang berbeda akan mempunyai kemampuan yang berbeda untuk berkompetisi dengan gulma sehingga tidak memungkinkan seleksi ke arah jenis-jenis gulma tertentu.
  3. Penggunaan herbisida dengan bahan aktif tertentu secara terus menerus akan mendorong jenis-jenis gulma tertentu menjadi resisten. Jumlah jenis gulma yang telah dilakporkan menjadi rsisten terhadap herbisida terus bertambah, sehingga penggunaan herbisida perlu dilakukan secara sangat hati-hati.
  4. Penggunaan pestisida secara berlebihan untuk melakukan perlindungan tanaman dapat membunuh musuh alami gulma, terutama penggunaan insektisida yang akan membunuh serangga herbivor terhadap gulma.
  5. Kurangnya perhatian masyarakat dan dukungan pemerintah memungkinkan gulma eksotik dapat masuk tanpa disadari dan berkembang menjadi dominan, apalagi bila pemerintah tidak mempunyai kebijakan yang jelas mengenai gulma seakan-akan menyerahkan permasalahan gulma sepenuhnya kepada petani sendiri untuk mengatasinya.

Semester Ganjil 2019/2020

Perkuliahan Pengganti
Kuliah pertama mata kuliah Ilmu Gulma semestester ganjil 2020/2021 yang seharusnya dilaksanakan pada 18 Agustus 2020, oleh karena kendala teknis, tidak bisa dilaksanakan pada hari yang telah dijadwalkan. Oleh karena itu, perkuliahan dijadwalkan ulang menjadi pada Senin, 24 Agustus 2020 secara daring pada jam yang disesuaikan kesediaan waktu mahasiswa. Silahkan mengakses materi kuliah untuk mempelajari materi, memasukkan daftar hadir, dan memasukkan laporan mengikuti perkuliahan daring.

Semester Ganjil 2018/2019

Pemberitahuan Kuliah 16 Oktober 2018
Diberitahukan bahwa kuliah pada Selasa, 16 Oktober 2018, dilaksanakan secara daring dengan membaca materi 2.3. Menggunakan Mrofologi Tumbuhan untuk Mengidentifikasi Gulma. Setelah membaca materi tersebut, silahkan kerjakan Latihan dan sampaikan pertanyaan melalui kotak Komentar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Latihan tersebut. Komentar harus sudah masuk selambat-lambatnya Rabu, 17 Oktober 2018 pukul 24.00 WITA. Mahasiswa yang tidak memasukkan komentar sampai pada batas waktu tersebut dianggap tidak mengikuti kuliah. Mahasiswa dipersilahkan menandatangani daftar hadir sesuai dengan jam kuliah.

Penyampaian Komentar
Kepada mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil tahun 2018/2019 diberitahukan supaya menyampaikan komentar terhadap materi 1.11.22.1, dan 2.2 selambat-lambatnya sudah disampaikan pada Sabtu, 20 Oktober 2018. Mahasiswa yang tidak menyampaikan komentar sampai pada batas tanggal tersebut tidak akan diberikan nilai softskill untuk materi tersebut. Ketua Kelas supaya menyampaikan informasi ini kepada seluruh mahasiswa peserta kuliah.

Ujian Tengah Semester Ganjil 2018/2019
Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019 untuk mata kuliah Ilmu Gulma akan dilaksanakan pada Selasa, 6 November 2018 mulai pada pukul 18.30 WITA sampai pada pukul 06.00 WITA keesokan harinya. Ujian dilakukan secara daring (online). Untuk mengerjakan ujian, usahakan mencari tempat dengan koneksi Internet yang memadai. Gunakan komputer dekstop atau notebook, bukan tablet apalagi ponsel, untuk mengerjakan ujian. Yang tidak mempunyai komputer, silahkan menggunakan warung Internet (warnet) yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Sebelum memulai, pastikan melakukan logout dan kemudian lakukan login dengan menggunakan akun email Anda. SILAGKAN KLIK Baca Selengkapnya UNTUK MULAI MENYIAPKAN, MENGERJAKAN UJIAN, DAN MENGIRIMKAN JAWABAN UJIAN ...

Menyiapkan Diri Mengikuti Ujian. Sebelum mengikuti ujian, silahkan terlebih dahulu melakukan login dengan menggunakan nama dan alamat email yang digunakan pada saat mendaftar mata kuliah. Jawaban ujian dengan nama dan alamat email yang tidak sama dengan daftar nama mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman tidak akan dinilai. Silahkan terlebih dahulu periksa Daftar Nama Mahasiswa Peserta Kuliah Ilmu Gulma Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019 untuk memastikan nama dan alamat email yang Anda daftarkan.

Sebelum mulai mengerjakan ujian, silahkan salin dan tempel soal ujian ke dalam program aplikasi pengolah kata Word lalu simpan dalam komputer masing-masing. Baca setiap soal dengan cermat dan pahami setiap pertanyaan yang berkaitan dengan setiap soal sebelum menjawab. Juga baca panduan untuk menjawab setiap pertanyaan sebagaimana diberikan di sebelah atas kotak jawaban setiap pertanyaan. Jangan lupa untuk mengklik setiap tautan yang diberikan dan pelajari informasi yang dirujuk melalui tautan yang diberikan. Pastikan bahwa sebelum mengikuti ujian Anda sudah mempunyai alamat email pribadi masing-masing. Anda tidak boleh menggunakan alamat email mahasiswa lain untuk mengikuti ujian.

Anda boleh membaca catatan, membaca bahan ajar, dan membaca buku teks dan artikel jurnal ilmiah, bila diperlukan, untuk menjawab pertanyaan ujian. Silahkan juga membaca semua tulisan pada blog Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Anda juga boleh boleh mendiskusikan pertanyaan. TETAPI Anda TIDAK BOLEH menyalin dan menempel jawaban dari tulisan blog atau dari tulisan apapun di InternetAnda TIDAK BOLEH menyalin dan menempel jawaban dari mahasiswa lain. Anda HARUS menyusun kalimat sendiri untuk menjawab setiap pertanyaan. Jawaban Anda akan diperiksa dengan menggunakan program aplikasi khusus untuk mengetahui apakah Anda menyalin dan menempel jawaban dari blog, dari Internet, atau dari teman lain. Dan untuk Anda yang berani melakukan itu, akan diberikan nilai 0 untuk setiap jawaban yang terindikasi ditulis secara curang.

Pertanyaan Ujian
Ujian akan terdiri atas 10 pertanyaan wajib dan 2 pertanyaan bonus. Anda harus mengklik tautan yang diberikan pada setiap pertanyaan untuk menjawab pertanyaan. Pertanyaan ujian akan ditayangkan di sini 5 menit sebelum jam ujian dan akan ditutup 5 menit setelah jam ujian.

  1. Pada Kegiatan Belajar 1.1 sudah dijelaskan cara gulma dapat mengganggu, merusak, dan/atau mematikan tanaman. Namun ternyata ada mahasiswa yang bertanya, "Mohon jelaskan cara-cara tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar yang dapat mengganggu dengan berbagai cara tersebut?" Silahkan baca kembali tulisan kegiatan belajar tersebut sampai benar-benar mengerti. Selain dengan cara bersaing dalam memperoleh ruang, cahaya matahari, air, dan unsur hara, sebutkan dan jelaskan satu cara yang memungkinkan gulma dapat mengganggu, merusak, dan/atau mematikan tanaman dengan bekerja sama dengan OPT golongan hama dan OPT golongan patogen. Untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar, silahkan juga baca dengan cermat tulisan mengenai Kegiatan Belajar 2.1.
  2. Tulisan mengenai Kegiatan Belajar 1.2 menguraikan pengertian gulma dan perkembangan ilmu gulma. Hanya ada 2 orang mahasiswa yang menyampaikan komentar terhadap tulisan tersebut. Seorang di antaranya, menanyakan "mengapa gulma ini selalu ada di tanaman padi dan mengapa daunya sama persis kaya (maksudnya seperti daun) padi". Silahkan jelaskan kepada mahasiswa tersebut dengan mengklik tombol Balas di bawah pertanyaan mahasiswa yang bersangkutan, apakah pertanyaan tersebut tepat atau tidak disampaikan pada kegiatan belajar tersebut. Jika tepat, berikan alasannya mengapa tepat disampaikan pada tulisan mengenai kegiatan tersebut dan berikan saran, pertanyaan juga dapat disampaikan pada tulisan mengenai kegiatan belajar yang mana. Jika tidak tepat juga berikan alasaannya ditambah dengan saran, pertanyaan tersebut lebih tepat disampaikan pada tulisan kegiatan belajar yang mana. Silahkan salin tanggapan yang Anda berikan lalu tempel sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini.
  3. Seorang mahasiswa bertanya pada tulisan mengenai Kegiatan Belajar 2.1, "Sebutkan gulma yang dapat menguntungkan bagi tanaman dan bagi manusia". Membaca pertanyaan ini saya merasa benar-benar telah gagal mengajarkan mata kuliah ini. Mohon bantu saya menanggapi pertanyaan mahasiswa tersebut, jelaskan apakah tumbuhan yang dapat menguntungkan bagi manusia dan bagi tanaman masih bisa kita sebut sebagai gulma. Silahkan klik tombol Balas di bawah pertanyaan mahasiswa tersebut untuk memberikan tanggapan dan kemudian salin tanggapan lalu tempel sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini. Sebelum memberikan tanggapan, silahkan baca tulisan mengenai Kegiatan Belajar 1.2 Pengertian Gulma dan Perkembangan Ilmu Gulma agar bisa menanggapi pertanyaan mahasiswa tersebut dengan benar.
  4. Pada blog Peduli Pisang dapat dibaca tulisan "Gulma pada budidaya pisang, mengapa bisa sangat merugikan?" Untuk bisa menjawab pertanyaan, mengapa gulma sangat merugikan pada budidaya pisang, Anda perlu terlebih dahulu memahami bagaimana cara gulma menimbulkan kerugian secara langsung dan tidak langsung sebagaimana diuraikan pada tulisan mengenai Kegiatan Belajar 2.1. Pertumbuhan dan Perkembangan, Ciri-ciri Khusus, dan Penggolongan Gulma. Setelah membaca tulisan mengenai Kegiatan Belajar 2.1 tersebut, silahkan masuk kembali ke tulisan mengenai gulma pada budidaya pisang pada blog Peduli Pisang. Mengingat morfologi tanaman pisang dengan ukuran cukup besar dan pertumbuhan yang cepat sehingga dengan mudah bisa menaungi, dengan cara bagaimana gulma bisa menjadi sangat merugikan pada pisang? Silahkan baca dengan teliti tulisan mengenai gulma pada tanaman pisang tersebut lalu jawab pertanyaan pada kotak komentar di bagian bawah tulisan. Kemudian silahkan salin jawaban yang Anda berikan lalu tempel sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini.
  5. Pada ulisan "Gulma pada budidaya pisang, mengapa bisa sangat merugikan?" disebutkan bahwa gulma kategori tumbuhan memanjat berpotensi merugikan tanaman pisang di NTT. Contoh yang diberikan adalah Coccinia grandisIpomoea spp., dan Mucuna pruriens. Untuk mengetahui seperti apa contoh gulma kategori tumbuhan melilit tersebut, silahkan masuk ke halaman Weeds of Australia Biosecurity Queensland Edition dan klik nama ilmiah contoh gulma kategori tumbuhan memanjat tersebut. Setelah memeriksa dan mengetahui seperti apa contoh gulma kategori tumbuhan melilit tersebut, silahkan pilih satu di antaranya untuk diperiksa nama ilmiahnya pada situs pemeriksaan nama ilmiah GBIF Search. Berdasarkan atas hasil pemeriksaan nama ilmiah: (a) salin dan tempel nama ilmiah hasil pemeriksaan disertai nama autho, (b) cantumkan klasifikasi gulma tersebut ke dalam peringkat taksonomik kerajaan, divisi, kelas, ordo, famili, dan genus sesuai dengan hasil pemeriksaan, (c) cantumkan URL (link) hasil pemeriksaan, dan (d) sebutkan nama umum gulma tersebut dalam bahasa daerah masing-masing dengan menyebutkan nama bahasa daerah.
  6. Pada tulisan mengenai Kegiatan Belajar 2.3, seorang mahasiswa bertanya, "Mohon bpak menyebutkan nama pakar taksonomi [yang] menggunakan cara yang berbeda-beda dalam menggolong-golongan spesies ke dalam peringkat taksonomik di atasnya sehingga kini dikenal berbagai sistem taksonomi tumbuhan (systems of plant taxonomy) yang berkembang dari zaman sebelum Linnaeus, pasca-Linnaeus sebelum Darwin, dan pasca-Darwin". Saya menjawab dengan meminta mahasiswa yang bersangkutan mengklik tautan (link) systems of plant taxonomy. Saya tahu mahasiswa yang bertanya tersebut belum melakukannya sehingga pertanyaannya saya jadikan pertanyaan ujian. Di bawah tulisan Post-Darwinian (Phyletic) terdapat tautan Phylogenetic System. Silahkan klik tautan tersebut dan baca sampai benar-benar paham. Setelah paham, kembali ke halaman system of plant Taxonomy dan tentukan, di antara system yang termasuk dalam kategori Post-Darwinian, sistem mana sebaiknya digunakan untuk mengklasifikasikan gulma berdasarkan atas evolusinya? Sebutkan nama sistemnya dan jelaskan secara singkat mengapa sistem tersebut yang digunakan.
  7. Pada tulisan mengenai Kegiatan Belajar 2.3 saya menyebutkan bahwa kita belajar morfologi gulma dengan tujuan untuk bisa mengidentifikasi gulma. Untuk membuktikan apa yang saya sampaikan tersebut, silahkan klik tautan Weeds of Australia identification tools. Untuk mengidentifikasi gulma golongan rumput, silahkan klik tanda + di depan tulisan Grass Characters. Sebutkan lima karakter morfologi rumput yang perlu kita pelajari untuk bisa mengidentifikasi rumput.
  8. Setelah belajar Ilmu Gulma sampai sejauh ini, mudah-mudahan Anda dapat mengenal gulma golongan rumput yang nama ilmiahnya Cenchrus echinatus. Pada musim hujan nanti, gulma ini dapat Anda temui di halaman Fakultas Pertanian. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari uraian mengenai karakter morfologis gulma tersebut, silahkan pilih grass characters yang diperlukan untuk mengidentifikasi rumput sebagaimana digunakan dalam Weeds of Australia identification tools. Untuk karakter Inflorescence type, pilih satu karakter yang tepat dari kelima pilihan yang diberikan berdasarkan informasi dari halaman Cenchrus echinatus, salin dan lalu tempel sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini.
  9. Lantana camara merupakan salah satu jenis gulma yang dahulu pernah dominan di NTT tetapi kini dikalahkan oleh Chromolaena odorata. Dengan membaca uraian mengenai daun pada halaman gulma tersebut masing-masing, sebutkan bentuk daun secara keseluruhan, bentuk tepi daun, dab bentuk ujung daun untuk: (a) Lantana camara dan (b) Chromolaena odorata. Sebutkan bentuk daun dengan menggunakan istilah botanis dari halaman gulma masing-masing disertai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  10. Berikut adalah status dari Facebook Page Peduli Pisang Kita. Silahkan sampaikan pendapat Anda apakah mungkin Mucuna pruriens yang tersebar luas di NTT berlaku sama seperti Mikania pruriens dan jelaskan secara singkat alasannya. Tuliskan pendapat Anda dengan mengklik tombol Comment dan kemudian salin dan tempel pendapat Anda tersebut sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini.
  11. Banyak mahasiswa telah bertanya pada tulisan mengenai Kegiatan Belajar 3.1 mengenai pertumbuhan dan dinamika populasi dan komunitas gulma. Namun sayang, hampir seluruh pertanyaan mahasiswa tidak berkaitan dengan topik utama tulisan. Baca sekali lagi tulisan tersebut sampai benar-benar paham dan kemudian jelaskan secara ringkas, bila seorang mahasiswa melakukan pengamatan gulma di lapangan, yang diamati oleh mahasiswa tersebut populasi atau komunitas gulma? 
  12. Baca sekali lagi tulisan Gulma pada budidaya pisang, mengapa bisa sangat merugikan? pada blog Peduli Pisang. Klik tautan Penelitian di Brazil untuk mengakses artikel jurnal ilmiah mengenai dinamika populasi gulma pada pertanaman pisang di negara tersebut. Silahkan periksa Gambar 3, 4, dan 5 yang menyajikan diagram batang kerapatan nisbi, frekuensi nisbi, dan dominansi nisbi 5 spesies gulma peringkat teratas pada petak pertanaman pisang dengan padat populasi tanaman pisang 1200, 1600, 2000, 2400, 2800, dan 3200 tanaman per hektar. Perhatikan perubahan kerapatan nisbi, frekuensi nisbi, dan dominansi nisbi 5 spesies gulma dengan peringkat teratas pada saat tanaman pisang berumur 30 Hari Setelah Tanam (HST, DAT), 120 HST, 210 HST, 300 HST 390 HST dan 480 HST pada padat populasi tanaman pisang 1200 tanaman per hektar. Sebutkan apa yang diamati dan berapa kali pengamatan dilakukan sehingga penelitian yang hasilnya dipublikasikan tersebut dapat dikatakan sebagai penelitian mengenai dinamika komunitas gulma.

Lembar Jawaban Ujian
Lembar jawaban ujian akan saya sajikan pada bagian ini pada tanggal ujian 5 menit sebelum jam ujian dan akan saya tutup 5 menit setelah jam ujian. Untuk mennjawab pertanyaan, Anda harus mengetikkan jawaban pada kotak yang disediakan sesuai dengan nomor pertanyaan yang Anda jawab. Anda dapat terlebih dahulu mengetikkan jawaban dengan menggunakan program aplikasi pengolah kata Word (atau pengolah kata lainnya), kemudian salin dan tempel jawaban di dalam kotak yang sesuai. Tempel jawaban dengan meletakkan kursor di dalam kotak, mengklik tombol kanan tetikus (mouse), lalu pilih tempel (paste). Setiap pertanyaan harus dijawab secara berurutan sebelum Anda dapat memasukkan jawaban.


Pengumpulan Jawaban Ujian
Sebelum mengumpulkan jawaban, pastikan semua pertanyaan telah dijawab dengan sebaik-baiknya. Setelah semua pertanyaan dijawab, klik tombol Kirim di bagian bawah lembar jawaban untuk memasukkan jawaban. Anda boleh memasukkan lembar jawaban HANYA SATU KALI dengan menggunakan alamat email sendiriJawaban harus sudah masuk selambat-lambatnya pada Senin, 5 November 2018 pukul 24.00 WITA. Jawaban yang masuk melampaui tenggat waktu tersebut tidak akan diperiksa.

Pengecekan Pengumpulan Jawaban Ujian

Setelah memasukkan jawaban ujian, silahkan PERIKSA (klik tautan setelah aktif) untuk memastikan apakah jawaban yang Anda masukkan sudah atau belum tertera dalam daftar jawaban ujian masuk. Bila Anda melakukan dengan benar, saya pastikan lembar jawaban Anda sudah tertera dalam daftar beberapa menit setelah Anda memasukkannya. Bila setelah menunggu lebih dari 10 menit ternyata jawaban Anda juga belum tertera dalam daftar, silahkan minta ketua tingkat untuk menghubungi saya melalui pesan singkat. Selamat mengikuti ujian tengah semester, mudah-mudahan Anda semua tidak mengalami kesulitan dalam mengisi dan memasukkan lembar jawaban.