Selamat Datang

Belajar Ilmu Gulma merupakan blog baru untuk mendukung pembelajaran belnded learning mata kuliah Ilmu Gulma bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog ini merupakan pembaruan dari blog mata kuliah Ilmu Gulma sebelumnya, yang digunakan untuk mendukung pembelajaran blended learning sampai pada semester ganjil 2017/2018. Sejak semester ganjil 2020/2021, blog ini dimodifikasi untuk melaksanakan pembelajaran secara daring penuh. Silahkan kunjungi blog lama untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan yang akan diberikan melalui blog baru ini. Seluruh mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman Semester Ganjil Tahun 2021/2022 wajib melakukan registrasi mata kuliah secara daring (online) dan memeriksa hasil registrasi. Silahkan menjelajah dan membaca. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.

Senin, 24 September 2018

1.1. Mengenali Permasalahan yang Ditimbulkan oleh Gulma

Bayangkan apa yang dapat terjadi bila berbagai spesies rumput dan tumbuhan berdaun lebar yang tumbuh bersama tanaman padi sawah, padi ladang, atau jagung tidak disiangi. Dalam waktu singkat, berbagai spesies rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut akan tumbuh lebih tinggi dan kemudian menutupi tajuk tanaman. Jika penyiangan dilakukan terlambat maka pada saat panen dapat dipastikan hasil yang diperoleh tidak akan sebanyak hasil yang diperoleh bila dilakukan penyiangan tepat waktu. Berbagai spesies rumput dan tumbuhan berdaun lebar yang tumbuh bersama dengan tanaman akan bersaing dalam memperoleh sumberdaya pertumbuhan tanaman, yang meliputi ruang, cahaya matahari, air, dan unsur hara.

1.1.1. MATERI KULIAH

1.1.1.1. Membaca Materi Kuliah
Menghadapi tanaman, jenis-jenis rumput (grass) dan tumbuhan berdaun lebar (broadleaf weeds) pada umumnya selalu memenangi persaingan dalam memperoleh ruang, cahaya matahari, air, dan unsur hara. Jenis-jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut juga dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman. Akibatnya, hasil tanaman menjadi lebih rendah daripada bila tumbuh tidak bersama dengan berbagai jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar. Perbedaan hasil antara tanaman tanpa menghadapi persaingan dan dengan menghadapi persaingan oleh berbagai jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar dikenal dengan istilah kehilangan hasil (yield loss atau crop loss). Kehilangan hasil dapat dinyatakan dalam bentuk produksi (besar kehilangan hasil, BKH) maupun dalam bentuk nilai uang (nilai kehilangan hasil, NKH). Bila tidak dilakukan penyiangan secara tepat waktu, kehilangan hasil yang disebabkan oleh gulma dapat lebih besar daripada kehilangan hasil oleh binatang hama maupun oleh organisme patogenik (penyebab penyakit tanaman).



Nilai kehilangan hasil yang ditimbulkan oleh gulma tentu tidak sedikit. Sayangnya, angka nilai kehilangan hasil tersebut tidak tersedia untuk Indonesia. Untuk Australia, angka nilai kehilangan hasil yang disebabkan oleh gulma oleh gulma pada tahun 2001/2002 adalah sebagaimana disajikan pada Tabel 1.2.



Bukan hanya itu dampak merusak yang ditimbulkan, rumput dan tumbuhan berdaun lebar di dalam maupun di luar areal pertanaman dapat menjadi tempat persembunyian dan tempat bersarang berbagai jenis binatang hama, misalnya saja tikus. Berbagai jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut juga dapat menjadi inang pengganti (alternative host) atau inang penggilir (alternate host) bagi patogen (penyebab penyakit tanaman) jenis tertentu. Berbagai jenis rumput dan jenis tumbuhan berdaun lebar tersebut juga bisa menyulitkan pelaksanaan panen. Bayangkan kalau yang tumbuh bersama tanaman adalah jenis-jenis tumbuhan yang berduri tajam atau mempunyai bagian-bagian yang dapat menimbulkan gatal atau iritasi pada kulit. Hasil yang dipanen dari tanaman yang tumbuh bersama dengan berbagai jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar bisa bercampur biji jenis-jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar yang tumbuh bersama tanaman. Bagaimana kalau biji-biji pencampur tersebut ada yang beracun atau menimbulkan gangguan kesehatan? Kalaupun biji-biji pencampur tersebut tidak beracun atau menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, bagaimana bila hasil tanaman yang bercampur biji rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut dijual? Bukankah hasil tanaman yang bercampur biji rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut dapat menurunkan harga hasil tanaman dan dapat menjadi wahana pemencaran menuju tempat-tempat yang jauh? Bagaimana kalau yang terjadi sebaliknya, bersediakah kita membeli atau mengimpor hasil tanaman yang bercampur dengan biji rumput dan tumbuhan berdaun lebar? Belum lagi yang tumbuh pada saluran irigasi dan jalan menuju lokasi lahan pertanian, masing-masing pasti akan menghambat aliran dan meningkatkan kehilangan air melalui transpirasi dan menghambat lalu lintas menuju dan dari lokasi lahan pertanian.

Jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar banyak yang berkerabat dekat dengan tanaman. Terdapat sebanyak kira-kira 391,000 spesies tumbuhan berpembuluh, 369.000 di antaranya merupakan tumbuhan berbunga, sebagaimana dilaporkan dalam situs Mongabay berdasarkan State of the World's Plants 2016. Menurut State of the World's Plants 2017, kurang lebih 80% dari seluruh bahan pangan asal tanaman berasal hanya 17 famili tumbuhan berbunga. Dari seluruh spesies tumbuhan tersebut, 6.400 spesies dikategorikan sebagai spesies yang mengganggu tanaman, sebagaimana didaftar dalam buku A Geographical Atlas of World Weeds oleh Holm et al. (1979), tetapi publikasi terbaru A Global Weed Compendium mendaftar lebih dari 18.500 spesies. Dari keseluruhan spesies tumbuhan pengganggu tanaman tersebut, kurang lebih 250 dipandang sebagai yang merugikan, 18 spesies di antaranya dikategorikan paling merugikan. Dari 250 spesies gulma, kurang lebih 70% tergolong dalam famili yang sama dengan 12 famili tanaman yang memasok 90% pangan dunia. Bukan hanya sefamili atau segenus, bahkan ada yang hanya beda varietas dalam satu spesies. Karena berkerabat dekat, binatang hama dan organisme patogenik pada tanaman akan menggunakan jenis-jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar yang sekerabat tersebut sebagai sumber makanan alternatif (inang pengganti). Untuk jenis-jenis jamur penyebab penyakit karat tertentu, jenis-jenis rumput atau tumbuhan berdaun lebar tertentu bahkan digunakan sebagai inang penggilir, yaitu inang yang diperlukan untuk pertumbuhan fase tertentu dalam daur hidupnya. 

Bayangkan apa yang terjadi bila produksi menjadi sangat menurun karena petani tidak sempat melakukan penyiangan pada tanaman jagungnya, apakah jagung yang dihasilkannya akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangganya selama setahun ke depan? Bayangkan bila danau yang semula memberikan pemandangan yang indah kemudian dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan asing, apakah akan masih tetap indah? Wisatawan tidak akan lagi bersedia datang dan pendapatan masyarakat dari pariwisata menurun. Bayangkan apa yang akan dimakan ternak sapi lepas bila padang rumput bukan lagi ditumbuhi oleh rumput tumbuhan berdaun lebar yang tidak bisa dimakan oleh ternak sebagaimana yang terjadi pada padang rumput di NTT sejak tahun 1980-an. Ternak sapi akan mengalami kekurangan pakan dan pada gilirannya populasinya akan menurun. Bayangkan pula bila hutan yang semula kaya dengan berbagai jenis tumbuhan lokal tetapi kemudian menjadi didominasi oleh tumbuhan pendatang, bukan saja menjadi tidak lagi menarik melainkan dapat menimbulkan kepunahan jenis-jenis tumbuhan lokal yang penting sebagai bahan kayu bangunan, bahan obat-obatan tradisional, bahkan bahan pangan liar. Tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar yang tumbuh di lahan pertanian, baik yang sedang dibudidayakan maupun yang sedang tidak dibudidayakan (bera), menimbulkan dampak merugikan yang lebih luas daripada sekedar terhadap pertanian sebagaimana diuraikan dalam situs Biodiversity Australia dan situs Pemerintah Northern Territory Australia. Namun bukan berarti bahwa tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar semacam itu dalam lanskap pertanian semata-mata merugikan, sebagaimana diulas oleh Petit et al. (2017), banyak di antaranya bermanfaat secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini menyebabkan petani menghadapi pilihan yang tidak selalu mudah dalam menentukan spesies mana yang perlu diprioritaskan untuk dikendalikan.

Permasalahan oleh tumbuhan yang tumbuh bersaing dengan tanaman mencakup bukan hanya sektor pertanian, melainkan juga sektor di luar pertanian. Oleh karena itu, kerugian yang ditimbulkan menjadi sangat besar. Ironisnya, meskipun kerugian yang terjadi sedemikian besar, pemerintah di Indonesia, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, belum memberikan perhatian yang cukup serius. Pemerintah di NTT misalnya, baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, berupaya keras menjadikan NTT sebagai provinsi ternak, tanpa mempedulikan bahwa rumput pakan ternak di seluruh padang rumput NTT telah digantikan oleh tumbuhan berdaun lebar yang tidak dapat dimakan oleh ternak. Akibatnya, meskipun populasi ternak ditargetkan meningkat, kenyataannya tidak selalu sesuai dengan target. Belum lagi jenis-jenis tumbuhan pengganggu tanaman di lahan pertanian, pengendaliannya diserahkan sepenuhnya kepada petani yang tidak sepenuhnya memahami permasalahan yang mereka hadapi, selain sekedar mengetahu bahwa kalau mereka membiarkan tumbuhan semacam itu tumbuh bersama tanaman maka tanaman dapat mengalami gagal panen atau paling tidak produksinya menurun. Begitupun, pemerintah menargetkan NTT bisa menjadi provinsi jagung dan sekaligus provinsi ternak melalui program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS).

1.1.1.2. Membaca Pustaka Wajib
Silahkan mengklik setiap tautan yang diberikan pada materi kuliah ini dan mengunduh pustaka yang disediakan dari halaman Pustaka Wajib dan membaca judul bab atau sub-bab yang berkaitan dengan materi kuliah ini. Mahasiswa wajib menyampaikan judul buku, judul bab buku, dan isi bab buku yang telah dibaca terkait dengan materi kuliah ini melalui Laporan Melaksanakan Kuliah dan Mengerjakan Tugas. 

1.1.2. TUGAS KULIAH

1.1.2.1. Menyampaikan dan Menanggapi Komentar dan/atau Pertanyaan
Setelah membaca materi kuliah ini, silahkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan mengenai hal-hal berkaitan langsung dengan materi kuliah tetapi belum diuraikan secara jelas, bukan komentar dan/atau pertanyaan mengenai hal yang tidak berkaitan langsung atau yang sudah diuraikan dalam materi dan juga bukan komentar dan/atau pertanyaan yang sama dengan yang sudah disampaikan oleh mahasiswa lain. Ketik komentar dan/atau pertanyaan di dalam kotak komentar yang terletak di sebelah bawah materi kuliah ini selambat-lambatnya sampai pada Senin, 29 Agustus 2022 pukul 24.00 WITA. Kunjungi kembali materi ini beberapa hari kemudian dan tanggapi komentar dan/atau pertanyaan yang disampaikan oleh minimal satu mahasiswa lain, prioritaskan komentar dan/atau pertanyaan yang belum ditanggapi oleh mahasiswa lain. Komentar dan/atau pertanyaan yang tidak berkaitan dengan materi ini atau yang sama dengan yang telah disampaikan oleh mahasiswa lain akan diabaikan dalam penilaian. Salin (copy) komentar dan/atau pertanyaan yang disampaikan untuk dilaporkan dalam Laporan Melaksanakan Perkuliahan Daring. Setiap mahasiswa juga akan diminta untuk menyampaikan laporan penyampaian pertanyaan dan/atau komentar dan memberikan tanggapan terhadap pertanyaan dan/atau pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa lain sebagai syarat mengikuti ujian tengah semester.
 
1.1.2.2. Membagikan Blog Mata Kuliah dan Materi Kuliah
Sebagai mahasiswa milenial, setiap mahasiswa tentu mempunyai akun media sosial untuk tujuan menampilkan diri. Gunakan media sosial masing-masing  untuk tujuan belajar dengan cara membagikan blog mata kuliah dengan mengklik pilihan tombol media sosial untuk membagikan blog secara keseluruhan dan membagikan setiap materi kuliah dengan mengklik tombol pilihan media sosial yang disediakan pada setiap materi kuliah selambat-lambatnya sampai pada Senin, 29 Agustus 2022 pukul 24.00 WITACatat tautan (link) pembagian blog dan pembagian materi kuliah melalui media sosial masing-masing untuk dilaporkan dalam Laporan Melaksanakan Perkuliahan Daring. Setiap mahasiswa juga akan diminta menyampaikan laporan pembagian blog dan materi kuliah sebagai syarat mengikuti ujian tengah semester.

1.1.2.3. Mengerjakan Latihan Kasus
Untuk mengetahui sejauh mana guma merupakan permasalahan dalam budidaya pertanian, setiap mahasiswa wajib mencari informasi dengan mengunjungi situs:
  1. Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan
  2. Direktorat Perlindungan Hortikultura Direktorat Jenderal Hortikultura
  3. Direktorat Jenderal Perkebunan
  4. Badan Karantina Pertanian
Pada setiap situs, lakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Mencari informasi mengenai permasalahan gulma yang tersedia pada setiap situs dengan cara melakukan penelusuran (browsing), yaitu dengan mengklik berbagai tautan (link)yang tersedia pada setiap situs.
  2. Mencari informasi mengenai permasalahan gulma yang tersedia pada setiap situs dengan cara melakukan pencarian (searching), yaitu dengan mengetikkan kata gulma di dalam kotak pencarian situs.
  3. Mencari dengan cara butir 1 dan cara butir 2 sampai ditemukan beberapa halaman tulisan yang memuat informasi mengenai permasalahan gulma.
  4. Mencari informasi mengenai permasalahan gulma dengan cara melakukan pencarian (searching) di layanan pencarian Google dengan mengetikkan kata "berita koran gulma" dan "berita koran tumbuhan pengganggu" sampai ditemukan halaman tulisan yang menguraikan permasalahan gulma sebagaimana yang telah Anda pelajari pada materi kuliah sampai diperoleh minimal 5 halaman tulisan yang menguraikan mengenai permasalahan gulma.
  5. Setiap kali menemukan halaman tulisan, catat judul tulisan, tautan tulisan, dan buat ringkasan isi tulisan dalam tabel Excel dan kemudian simpan file dengan nama file IG_Tugas01_namamahasiswa lalu simpan file dengan menggunakan layanan penyimpanan file daring Google Drive. 
Selanjutnya, berdasarkan pada informasi yang diperoleh, silahkan jawab pertanyan-pertanyaan berikut ini:
  1. Ubah akses file tabel Excel yang sudah diunggah ke Google Drive dari akses Terbatas menjadi akses Siapapun yang mempunyai link dan kemudian salin tautan lalu tempel tautan untuk menjawab pertanyaan ini.
  2. Pada situs mana tersedia informasi yang paling banyak mengenai permasalahan gulma dan halaman tulisan yang tersedia apakah memuat informasi mengenai: (a) kerugian yang ditimbulkan oleh gulma, (b) biologi gulma, atau (3) cara pengendalian gulma?
  3. Apakah ada situs yang memuat sangat sedikit informasi atau bahkan sama sekali tidak menyediakan informasi mengenai gulma? Jika demikian, jelaskan sejauh mana pemerintah memandang gulma sebagai golongan OPT yang penting dalam budidaya pertanian.
Laporan disampaikan oleh setiap mahasiswa sebagai laporan perseorangan, bukan sebagai laporan kelompok. Tugas kuliah ini merupakan bagian 1 dari Pembelajaran Kasus I yang akan dilanjutkan pengerjaannya pada bagian 2 pada kuliah minggu berikutnya.

1.1.3. ADMINISTRASI PELAKSANAAN KULIAH

Untuk membuktikan telah melaksanakan perkuliahan daring materi kuliah ini, silahkan lakukan sebagai berikut:
  1. Manandatangani Daftar Hadir Melaksanakan Kuliah selambat-lambatnya pada Rabu, 24 Agustus 2022 pukul 24.00 WITA dan memeriksa daftar hadir untuk memastikan;
  2. Memasukkan Laporan Melaksanakan Kuliah selambat-lambatnya pada Senin, 29 Agustus 2022 pukul 24.00 WITA dan memeriksa hasil pemasukan laporan untuk memastikan.
Mahasiswa yang tidak mengisi dan memasukkan Daftar Hadir Melaksanakan Perkuliahan dan Laporan Melaksanakan Perkuliahan akan ditetapkan sebagai tidak mengikuti perkuliahan.

*****
Hak cipta blog pada: I Wayan Mudita
Diterbitkan: 23 September 2018
Diperbarui terakhir pada: 20 Agustus 2021

Creative Commons License
Hak cipta selurun tulisan pada blog ini dilindungi berdasarkan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License. Silahkan mengutip tulisan dengan merujuk sesuai dengan ketentuan perujukan akademik.


130 komentar:

  1. Pengelolaan gulma secara terpadu mengkombinasikan efektivitas dan efisiensi ekonomi.Jika penggunaan herbisida dikurangi,apakah pengolahan tanah setelah tanam masih di perlukan diperlukan?

    BalasHapus
  2. Berbagai jenis tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar yang tumbuh bersama tanaman menggagu kegiatan budidaya dan bijinya dapat mengkontaminasi hasil pada saat panen.
    Mohon menjelaskan mengapa biji dari gulma dapat mengkontaminasi hasil pada saat panen ?

    BalasHapus
  3. Mohon menjelaskan bagaimana cara menekan pertumbuhan gulma agar tidak terjadi kompetisi antara gulma dengan tanaman budidaya dalam mendapatkan unsur hara, air maupun cahaya matahari untuk berfotosintesis?

    BalasHapus
  4. Berbagai jenis tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar yang tumbuh bersama tanaman menggagu kegiatan budidaya dan bijinya dapat mengkontaminasi hasil pada saat panen.
    Mohon menjelaskan mengapa biji dari gulma dapat mengkontaminasi hasil pada saat panen ?

    BalasHapus
  5. Saya ingin bertanya, faktor lingkungan apa yang paling terpenting yang dapat medorong tumbuhan menjadi gulma? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor lingkungan yang dapat mendorong jenis-jenis tumbuhan tertentu menjadi berstatus sebagai gulma antara lain adalah kekeringan, kebakaran, banjir, dan terbebas dari musuh alami. Kekeringan dan kebarakaran mendorong jenis-jenis tumbuhan beradaptasi sehingga mempunyai daya saing yang kuat terhadap tanaman. Banjir menyebabkan biji jenis tumbuhan tertentu mengumpul di dataran rendah. Terbebas dari musuh alami memungkinkan gulma dapat tumbuh tanpa mengalami gangguan.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Mohon dijelaskan, mengapa gulma dapat bertahan hidup lebih baik dan lebih lama dari pada tanaman budidaya walaupun gulma tidak mendapatkan perawatan yang menunjang pertumbuhannya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Mohon dijelaskan, mengapa gulma dapat bertahan hidup lebih baik dan lebih lama dari pada tanaman budidaya walaupun gulma tidak mendapatkan perawatan yang menunjang pertumbuhannya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Terimakasih pak atas materinya. Materi yang bapak paparkan menjelaskan bahwa angka nilai kehilangan hasil yang disebabkan oleh gulma tidak tersedia untuk Indonesia. Yang menjadi pertanyaan saya adalah mengapa di Indonesia tidak tersedia pencatatan kehilangan hasil yang disebabkan oleh gulma sedangkan di negara lain seperti Australia ada pencatatan kehilangan hasil yang disebabkan oleh gulma. Apakah semua hasil tanaman di indonesia tidak pernah diganggu oleh gulma. Mohon dijelaskan pak. Terimakasih

    BalasHapus
  11. Berbagai jenis tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar dapat mengganggu dengan berbagai cara.
    Mohon jelaskan cara cara tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar yang dapat mengganggu dengan berbagai cara tersebut?
    Mohon jelaskan cara-cara Berbagai jenis tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar menyaingi tanaman sehingga menimbulkan kehilangan hasil.?
    Mohon jelaskan cara jenis tumbuhan golongan rumput dan berdaun lebar yang tumbuh bersama tanaman menggagu kegiatan budidaya dan bijinya dapat mengkontaminasi hasil pada saat panen

    BalasHapus
  12. Mahasiswa perserta kuliah daring Ilmu Gulma semester ganjil 2020/2021 wajib menyampaikan minimal satu komentar dan/atau pertanyaan singkat mengenai materi kuliah ini dan menanggapi minimal dua komentar dan/atau pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa lainnya selambat-lambatnya sampai pada 31 Agustus 2020 pukul 24.00 WITA. Mahasiswa yang tidak menyampaikan tidak akan memperoleh nilai softskill mengenai materi kuliah ini.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Baik sebelumya terima kasih atas materinya pak.
    Di dalam materi tadi di tuliskan bahwa Jenis-jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut juga dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman.
    Jadi pertanyaan saya adalah senyawa beracun apa yang dapat menghambat pertumbuhan serta cara mencegah atau mengendalikan senyawa beracun tersebut agar tidak berdampak buruk bagi tumbuhan?
    Terima Kasih..

    BalasHapus
  16. Berbagai jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut juga dapat menjadi inang pengganti (alternative host) atau inang penggilir (alternate host) bagi patogen (penyebab penyakit tanaman) jenis tertentu. Mengapa demikian?

    BalasHapus
  17. Baik terimaksih atas materinya pak.Mohon jelaskan Bagaimana cara menangani persaingan dalam memperoleh ruang,cahaya matahari, air dan unsur hara?Dan jelaskan mengapa masalah gulma menjadi sangat penting?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya akan menjawab pertanyaan dari kk maria Guilani Jelanu
      1. Bagaimana cara menangani Persaingan dalam memperoleh ruang,cahaya matahari,air,dan unsur hara?
      2.mengapa masalah gulma menjadi masalah yang sangat penting?
      Jawab:
      1.Melakukan penyiangan
      2.gulma mempunyai arti sangat penting, karena gangguan gulma terhadap tanaman pertanian sering kali sangat serius, sehingga mengakibatkan kerugian dan kemerosotan hasil panen.

      Hapus
  18. Selamat siang pak mengapa gulma dpat tumbuh dengan subuh
    .walaupun tidak dikembang biakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya akan menjawab pertanyaan dari teman Onisiforus Benu
      Karna Gulma berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Secara generatif dengan biji dengan karakteristik biji yang halus, ringan dan berjumlah banyak yang dapat disebar oleh angin, air, hewan maupun manusia. Sedangan secara vegetatif dengan bagian batang yang berada di dalam tanah akan membentuk tunas. selain itu dengan bagian akar tanaman, misalnya stolon, rhizhoma, dan umbi. Trima kasih

      Hapus
    2. Baik saya akan menjawab pertanyaan dari kak onisiforus Benu menurut pendapat saya gulma adalah tumbuhan yang tumbuh di sekitaran tanaman budidaya yang kehadirannya tidak di inginkan pada lahan pertanian karna menurunkan hasil yang bisa di capai

      Hapus
  19. Baik termima kasih atas materi yang di berikan pa.
    Dalam penjelasan di atas di sampaikan bahwa Jenis-jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut juga dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman.

    Pertanyaannya adalah bagaimana cara kita untuk membedakan tanaman yang berdaun lebar dan bagaimana cara mengatasi tanaman tersebut agar kita dapat memperoleh hasil panen yang maksimal.
    Baik terima kasih pak

    BalasHapus
  20. Baik terima kasih
    Berdasarkan materi perkuliahan yang disampaikan ada tertulis bahwa dalam persaingan antara tanaman dengan gulma, pada umumnya gulma selalu memenangi persaingan dalam memperoleh ruang, cahaya matahari, air dan unsur hara
    Mengapa demikian?

    BalasHapus
  21. Baik terima kasih
    Berdasarkan materi perkuliahan yang disampaikan ada tertulis bahwa dalam persaingan antara tanaman dengan gulma, pada umumnya gulma selalu memenangi persaingan dalam memperoleh ruang, cahaya matahari, air dan unsur hara
    Mengapa demikian?

    BalasHapus
  22. Terimakasih untuk materi nya pak,Saya telah membaca nya ternyata begitu banyak permasalahan dalam bidang pertanian yang di sebab kan oleh gulma,
    Yang mau saya tanyakan apakah ada faktor yang memicu pertumbuhan gulma gulma tersebut dan coba di jelaskan Terimakasih

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Baik pak trimakasih atas materinya🙏 berdasarkan mater yg di sampaikan saya ingin bertanya tentang bgaimana cara tumbuhan bersaing untuk mendapatkan ruang, cahaya matahari, dan unsur hara? Trumakasih pak😇

    BalasHapus
  25. Baik terimaksih
    Berdasarkan materi perkuliahan yang di sampaikan, ada tertulis jenis-jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman.
    Coba sebutkan contoh senyawa beracun tersebut!

    BalasHapus
  26. Baik Terimakasih pak dari materi yang saya baca , gulma selalu menyaingi tumbuhan pada masa tumbuhan berkembang, sehingga menyebabkan persaingan dalam memperoleh makanan , dan membuat petani kerepotan dalam merawat hasil pertanian mereka.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah gulma selalu membawa kerugian bagi hasil petani?
    Dan bagaimana cara menghentikan laju tumbuh gulma dalam membudidayakan tanaman.?
    Mengapa gulma selalu tumbuh subur dibandingkan tanaman yg dibudidayakan, padahal yg di rawat adalah tanaman tersebut.
    Dan mengapa gulma
    Terimakasih sebelumnya pak


    BalasHapus
  27. Baik terima kasih 🙏
    Berdasarkan materi yang telah dipaparkan oleh bapa saya ingin bertanya. apa bila gumla yang tumbuh pada saluran irigasi dan jalan menuju lokasi lahan pertanian, masing-masing pasti akan menghambat aliran dan meningkatkan kehilangan air melalui transpirasi dan menghambat lalu lintas menuju lokasi lahan pertanian,lalu kebijakan apa yang harus dilakukan pemerintah untuk menaggulagi masalah tersebut terima kasih pak 🙏🙏

    BalasHapus
  28. Baik pak trimakasih atas materinya😇 berdasarkan materi yg telah di sampaikan saya ingin bertanya tentang bagaimana cara tumbuhan bersaing untuk mendapatkan ruang,cahaya matahari,dan unsur hara? Trimaksaih banyak pa😇🙏

    BalasHapus
  29. Baik Pa, terimakasih atas materinya🙏
    Berdasarkan materi yang sudah saya baca ternyata gulma memiliki dampak yang sangat buruk bagi produktivitas pertanian.
    Yang saya ingin tanyakan apa bisa pengendalian gulma dilakukan menggunakan pestisida??
    Terimakasih Pa🙏

    BalasHapus
  30. Baik Pa, terimakasih atas materinya🙏
    Berdasarkan materi yang sudah saya baca ternyata gulma memiliki dampak yang sangat buruk bagi produktivitas pertanian.
    Yang saya ingin tanyakan apa bisa pengendalian gulma dilakukan menggunakan pestisida??
    Terimakasih Pa🙏

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Baik terima kasih atas materi yang diberika bapak
    Baik langsung saja saya akan bertanya mengapa jenis tumbuhan berdaun lebar bisa menyulitkan pelaksanan panen
    Trima kasih pa🙏

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Mengapa binatang hama dan organisme patogenik menggunakan jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar sebagai bahan makanan alternatif (inang pengganti)?
    Terima kasih pa🙏

    BalasHapus
  35. Baik pak terima kasih atas materinya
    Berdasarkan materi diatas ada tertulis jenis-jenis rumput dan tumbuhan dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman.
    Yang ingin saya tanyakan senyawa beracun apa yg terdapat dalam rumput dan tumbuhan tersebut sehigga dapat menghambat pertumbuhan tanaman ?

    BalasHapus
  36. Baik pak terima kasih atas materinya
    Berdasarkan materi diatas ada tertulis jenis-jenis rumput dan tumbuhan dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman.
    Yang ingin saya tanyakan senyawa beracun apa yg terdapat dalam rumput dan tumbuhan tersebut sehigga dapat menghambat pertumbuhan tanaman ?

    BalasHapus
  37. Terimakasi pa materinya🙏saya mau tanya apakah gulma tda ada sisi positifnya bagi tanaman itu sendir?🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu ada jg sisi positifnya,karena ada gulma yang tumbuh pada suatu lahan merupakan pemenuh kebutuhan lahan tsb, karena gulma yang tumbuh pada suatu lahan merupakan tanaman yang dapat memproduksi nutrisi yang dibutuhkan lahan tersebut. sehingga tidak perlu membawa input dari lahan lain utk dijadikan mulsa organik atau kompos. Pada akhirnya lahan tersebut dapat memproduksi dan menjaga kelestariannya sendiri tanpa input dari luar, dengan cara inilah keseimbangan lingkungan dapat berjalan secara berkelanjutan.

      Hapus
  38. Baik pak terima kasih atas materinya
    Berdasarkan materi diatas ada tertulis jenis-jenis rumput dan tumbuhan dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman.
    Yang ingin saya tanyakan senyawa beracun apa yg terdapat dalam rumput dan tumbuhan tersebut sehigga dapat menghambat pertumbuhan tanaman ?

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Baik terima kasih pak atas materinya
    Berdasarkan materi yang dipaparkan diatas tentang permasalahan oleh tumbuhan yang tumbuh bersaing dengan tanaman mencakup sektor pertanian.
    Disini saya mau bertanya Bagaimana cara agar tidak terjadinya masalah persaingan antara tumbuhan dan tanaman?

    BalasHapus
  41. Baik pak terimah kasih sebelumnya atas materinya. Di materi di jelaskan bahwa gulma dapat menimbulkan dampak merugikan yang lebih luas dari pada sekedar terhadap pertanian.
    sebagaimana yang telah di jelaskan di atas bagaimana peran kita dalam mengatasi pengaruh gulma terhadap pertanian?

    BalasHapus
  42. Baik pak terimah kasih sebelumnya atas materinya. Di materi di jelaskan bahwa gulma dapat menimbulkan dampak merugikan yang lebih luas dari pada sekedar terhadap pertanian.
    sebagaimana yang telah di jelaskan di atas bagaimana peran kita dalam mengatasi pengaruh gulma terhadap pertanian?

    BalasHapus
  43. Baik pak terimah kasih sebelumnya atas materinya. Di materi di jelaskan bahwa gulma dapat menimbulkan dampak merugikan yang lebih luas dari pada sekedar terhadap pertanian.
    sebagaimana yang telah di jelaskan di atas bagaimana peran kita dalam mengatasi pengaruh gulma terhadap pertanian?

    BalasHapus
  44. Baik pak terimah kasih sebelumnya atas materinya. Di materi di jelaskan bahwa gulma dapat menimbulkan dampak merugikan yang lebih luas dari pada sekedar terhadap pertanian.
    sebagaimana yang telah di jelaskan di atas bagaimana peran kita dalam mengatasi pengaruh gulma terhadap pertanian?

    BalasHapus
  45. Dalam usaha budidaya pertanian sering kita jumpai bahwa keberadaan tanaman Pengganggu atau gulam yang tumbuh di sekitaran tanaman utama pertumbuhannya lebih baik d banding dgn tanaman utama?

    BalasHapus
  46. Mohon menjelaskan bagaimana cara menekan pertumbuhan agar tidak terjadi kompetisi antara gulma dengan tanaman budidaya dalam mendapatkan unsurhara air maupun cahaya matahari

    BalasHapus
  47. Coba jelaskan kerugian seperti apa yang ada jika petani mengalami gagal panen
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kerugian yang ditimbulkan jika petani gagal panen . Contohnya kerugian finansial. Artinya bahwa modal yang digunakan tidak akan memiliki untung karena kegagalan panen .

      akibat lainnya ialah kegiatan impor semakin meningkat.

      Hapus
    2. berkurangnya bahan pangan, berkurangnya padi, ekonomi menurun,petani tidak mendapatkan hasil dari panen nya.

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Baik terimakasih pak untuk materinya, dari materi tersebut dijelaskan bahwa pengendalian gulma dapat dilakukan dengan penyiangan. Pertanyaan saya kapan waktu yang tepat untuk petani melakukan penyiangan agar menghindari penurunan produksi. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut saya para petani melakukan penyiangan ketika tumbuhan tersebut berumur 30 hari

      Hapus
    2. Rentang waktu yang diperlukan dalam penyiangan padi sawah yaitu 10 hari setelah tanam, 20 hari setelah tanam, dan 30 hari setelah tanam.

      Hapus
  51. Kenapa jenis tumbuhan berdaun lebar bisa menyulitkan pelaksanaan panen??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya akan menanggapi pertanyaan dari Alexander
      Mungkin maksud teman Alexander jenis gulma berdaun lebar.
      Mengapa sehingga jenis gulma berdaun lebar bisa menyulitkan pelaksanaan panen hal ini disebabkan karena gulma ini biasanya tumbuh pada akhir masa budi daya. Hal ini lah yang menyebabkan menyulitkan pelaksanaan panen
      Terima kasih 🙏

      Hapus
  52. Dari materi dijelaskan bahwa biji biji gulma sering bercampur dengan hasil panen. Lalu pertanyaannya, sebutkan salah satu gulma yg sering ditemukan bijinya pada hasil panen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh : Gulma teki yang sering tumbuh di pinggir sawah maupun dalam sawah yang nanti saat pemanenan di lakukan di seringkali gulma ini pun sering ikut di panen karna hampir menyerupai padi sehinggah biji biji dari gulma ini menyatuh dngan hasil panen padi

      Hapus
  53. Seperti apakah kegiatan penyiangan yang dilakukan oleh para petani?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyiangan dapat dilakukan dengan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah agar cahaya matahari dapat menyinari keseluruhan tumbuhan budidaya.

      Hapus
    2. Penyiangan dapat di lakukan dengan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah agar tanaman dapat tumbuh dan memproleh makanan dengan baik .

      Hapus
  54. Bagaimana mengidentifikasi suatu tanaman sebagai gulma?Apakah setiap tanaman yang hidup/ tumbuh di samping tanaman budidaya dapat disebut gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila tumbuhan yang disaingi adalah tumbuhan budidaya atau tanaman sedemikian sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan produksinya berkurang maka tumbuhan yang menyaingi disebut gulma

      Hapus
    2. Gulma itu adalah tumbuhan yang hidup sediri dan kehadiranya dapat menganggu tanaman budidaya baik memperoleh makanan maupun hasil panen .

      Hapus
  55. Contoh tanaman yang sering di anggap sebagai gulma yang biasa hidup berdampingan dengan tanaman budidaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contohnya ialah Bayam duri (Amaranthus spinosios) .
      Bayam ini memang jarang dikonsumsi karena daunnya keras, tidak seperti bayam daun dan bayam raja. Batang tanaman ini pun liat serta berduri.

      Bayam duri dianggap sebagai gulma di ladang dan sawah, namun sebenarnya ia memiliki khasiat obat. Dilansir situs Kabartani, akar bayam duri berkhasiat untuk mengobati bisul, wasir (hemoroid), eczema, gusi berdarah, gusi bengkak, melancarkan ASI, meringankan demam, mengobati kutil, serta obat luka bakar.

      Hapus
  56. Contohnya adalah;

    1. Gulma rerumputan (Grasses)

    Gulma rerumputan umumnya berasal dari famili Gramineae (Poaceae). Gulma ini memiliki daun yang sempit seperti teki-tekian tetapi memiliki stolon, di dalam tanah stolon membentuk jaringan rumit yang sulit diatasi secara mekanik.
    2. Gulma teki-tekian (Sedges)

    Gulma golongan teki termasuk dalam familia Cyperaceae. Gulma ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap pengendalian mekanik karena memiliki umbi batang di dalam tanah yang mampu bertahan berbulan-bulan.

    Ciri dari gulma ini adalah batang umumnya berbentuk segitiga, kadang-kadang juga bulat dan biasanya tidak berongga. Daun tersusun dalam tiga deretan, tidak memiliki lidah-lidah daun (ligula).
    3. Gulma daun lebar (Broad leaves)

    Gulma berdaun lebar umumnya termasuk famili Dicotyledoneae dan Pteridophyta. Gulma ini biasanya tumbuh pada akhir masa budidaya.

    Ciri dari gulma ini adalah daun lebar dengan tulang daun berbentuk jala. Contohnya Monocharia vaginalis, Limnocharis flava, Eichornia crassipes, Amaranthus spinosus, Portulaca olerace, dan Lindernia sp.

    BalasHapus
  57. Terima kasih atas materinya pak
    Saya ingin bertanya apakah di Indonesia memiliki cara untuk mengatasi permasalah gulma?
    Sekian pertanyaan saya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. penanggulangan gulma pada tanaman padi yang selama ini dilakukan masih belum optimal dalam menekan hasil produksi padi. "Oleh karena itu Syngenta mengembangkan dan meluncurkan terobosan teknologi baru Apiro untuk membantu mengendalikan gulma secara efektif,

      teknologi ini memiliki metode aplikasi yang cukup fleksibel yaitu dipercik atau disemprot. Herbisida diserap oleh tanaman melalui akar dan daun.

      Hapus
    2. Petani biasanya menggunakan herbisida untuk mengendalikan gulam selain itu juga dapat dilakukan secara mekanik seperti penyiangan

      Hapus
  58. Apakah proses penyiangan dapat menghambat pertumbuhan gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Atas Nama Arnoldus Kemba Sontong akan menjawab pertanyaan tentang proses penyiangan dapat menghambat pertumbuhan gulma. Perlu di ketahui Tujuan dari penyiangan itu sendiri adalah untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan, dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.Maka secara tidak langsung Gulma akan mengalami pertumbuhan yang lambat

      Hapus
  59. Bagaimana cara mengatasi gulma yang berduri / beracun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik saya akan menjawab pertanyaan dari teman Erasmus lembu yang bertanya Bagaimana cara mengatasi gulma yang berdiri dan beracun?
      baik ada beberapa cara mengatasi gulma tergantung pada gulma. salah satu carah termudah atau gampang dilakukan adalah melalui pencegahan atau pengendalian penanaman jarak dekat di taman dapat mengurang pertumbuhan gulma dengan menghilangkan ruang terbuka tanaman penutup tanah juga bagus untuk ini. menambahkan mulsa akan mencegah cahaya masuk ke benih gulma dan mencegah pertumbuhan. kemudian bisah juga dengan menggunakan cara pengendalian mekanis tanaman gulma umum dapat di lakukan melalui pencabutan tangan,pengcangkulan pengendalian atau pemotongan yang dapat memperlambat pertumbuhan dan mengurangi pembentuk benih.

      Hapus
  60. Pada umumnya selalu memenangi persaingan dalam memperoleh ruang, cahaya matahari, air, dan unsur hara. Jenis-jenis rumput dan tumbuhan berdaun lebar tersebut juga dapat menghasilkan senyawa beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman.
    Jadi,pertanyaannya solusi apa yang yang bisa menenangi persaingan gulma dan tanaman yang dibudidaya dalam memperoleh ruang,cahaya matahari,air dan unsur hara?
    Apakah racun rumput dapat merusak tanah dan bagaimana dampak terhadap tananam budidaya itu sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya Kalista Murniyati Damur ingin menjawab pertanyaan dari Felisitas Virjin Tabis mengenai Apakah racun rumput dapat merusak tanah dan bagaimana dampak terhadap tanaman budidaya itu sendiri?
      Menurut saya racun rumput dapat merusak tanah karena yang namanya racun pasti sangat berbahaya dan mengurangi kesuburan dari tanah itu sendiri, sementara dampak bagi tanaman yang di budidayakan adalah tanaman tersebut akan mengalami hambatan dalam proses pertumbuhan nya karena tanahnya sudah terkena racun.

      Hapus
    2. Baik saya akan menjawab pertanyan dari Felisitas Virjin Tabis -Jadi menurut saya,solusi yang bisa bisa menangani persaingan gulma dan tanaman budidaya dalam memperoleh ruang,cahaya matahari,air dan unsur hara dengan melakukan penyiangan tepat waktu.

      -Sebetulnya dalam racun rumput dapat kita lihat secara kasat mata bila terlalu banyak digunakan menimbulkan kerusakan terhadap kesuburan tanah. Sementara bagi tumbuhan sendiri terkadang ketika tidak dapat terurai dengan baik bahan kimia tersebut tetap tidak dapat dihilangkan

      Hapus
  61. baik sebelumnya terimakasih atas materi yang telah dipaparkan oleh bapa saya atas nama Daniel Dany Rachmat paru ingin bertanya apa dampak dan kerugian apa saja yang disebabkan oleh gulma rumput dan daun lebar yang akan menyebabkan parah petani mengalami gagal panen dan kerugian yang sangat bsar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik Saya Yan France Tasesab akan menjawab pertanyaan dari Daniel Dany Rachmat Paru menurut saya dampaknya adalah bisa menurunkan kualitas hasil tanaman karena gulma ini juga bersaing dengan tanaman memperebutkan air tanah, cahaya matahari, unsur hara, ruang tumbuh dan udara sehinggga menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat.
      Dan menggangu pekerjaan petani karena gulma berjenis rumput juga memiliki rambut-rambut halus yang gatal.

      Hapus
  62. Baik saya atas nama: Eksel Umbu Nggadja
    Berdasarkan materi diatas sudah dijelaskan bahwa gulma dapat menimbulkan dampak kerugian yang lebih luas dari pada sekedar terhadap pertanian.
    Jadi yang menjadi pertanyaan saya : Apakah Gulma juga mempunyai manfaat terhadap pertanian?

    BalasHapus
  63. Saya atas nama Arnoldus Kemba Sontong
    Perlu kita ketahui pada pembahasan kita mempelajari tentang bagaimana gulma dapat berkompetisi dengan tanaman,,
    Kira kira Faktor apa saja yang menentukan kemampuan gulma berkompetisi dengan tanaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya (Wisye Lona) faktor yang dapat menentukan kemampuan gulma untuk berkompetisi dengan tanaman adalah kesuburan tanah. Hal itu disebabkan banyak ketersediaan unsur hara yang akan menentukan besarnya persaingan gulma dengan tanaman.
      Selain itu juga, ada faktor perbedaan spesies atau jenis gulma. Ini disebabkan daya kemampuannya dalam bersaing terjadi karena ada perbedaan sistem fotosintesis, kondisi perakaran, dan keadaan morfologinya.

      Hapus
    2. Menurut saya (Firda Baru) faktor yang dapat menentukan kemampuan gulma berkompetisi dengan tanaman adalah :
      1. Spesies atau jenis gulma. Perbedaan species akan menentukan kemampuan bersaing karena perbedaan system fotosintesis, kondisis perakaran, dan keadaan morfologinya.
      2. Kepadatan gulma. Kepadatan atau kerapatan populasi gulma menentukan persaingan dan makin besar pula penurunan produksi tanaman.
      3. Saat dan lama persaingan. Gulma yang muncul atau berkecambah lebih dahulu atau bersamaan dengan tanaman yang dibudidayakan, berakibat besar terhadap pertumbuhan dan hasil panen tanaman. 
      4.Cara budidaya dan varietas yang ditanam. Perbedaan cara budidaya dan varietas tanaman yang ditanam menentukan besarnya persaingan gulma dengan tanaman.
      5. Serta tingkat kesuburan tanah. Tingkat ketersediaan unsure hara juga akan menentukan besarnya persaingan gulma dengan tanaman.

      Hapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Baik Pak, terimakasih atas materinya🙏
    Berdasarkan materi yang sudah disampaikan, saya ingin bertanya, bagaimana peran mahasiswa dalam mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh gulma? dan upaya apa saja yang dapat dilakukan agar gulma tersebut dapat menguntungkan tanaman budidaya!

    BalasHapus
  67. Terima kasih pak untuk materinya.
    Saya ingin bertanya apakah cuman gulma berjenis rumput dan berdaun lebar saja yang dapat membuat kerusakan?
    Serta, apakah kita bisa melakukan metode lain selain penyiangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya akan menjawab pertanyaan dari teman wisye,
      - Apakah cuma gulma berjenis rumput dan berdaun lebar saja yang dapat membuat kerusakan?
      jawabannya tidak. Karena Gulma adalah tumbuhan liar yang mengganggu tanaman utama dan dengan adanya gulma bisa membuat tanaman tersebut mati. Hal ini karena gulma mencuri nutrisi, air, hingga cahaya matahari pada tanaman utama.
      - Apakah kita bisa melakukan metode lain selain penyiangan?
      jawabannya bisa, metode lain selain penyiangan yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara pengendalian secara biologi, dan pengendalian secara kimiawi.

      Hapus
    2. Baik saya atas nama Jefrianus Ngongo
      Ingin menjawab pertanyaan saudara Arnoldus kemba Santong
      - species atau jenis gulma.perbedaan kita harus mengetahui kemampuan
      Yang mampu bersaigan karena perbedaan system fotosintesis, kondisis perakaran, dan keadaan morfologinya. Species gulma yang tumbuh cepat, berhabitat besar, dan memiliki metabolisme efisien (yaitu tumbuhan membutuh fotosintesis
      - kepadatan gulma Kepadatan atau kerapatan populasi gulma menentukan persaingan dan makin besar pula penurunan produksi tanaman. Pada musim penghujan kepadatan suatu gulma relative lebih tinggi dibandingkan dengan pada musim kemarau, karena pada musim penghujan air tersedia dalam jumlah yang cukup besar
      -Pada saat lama persaingan baru muncul akan berkecambah dahulu pada tanaman yang budidayakan besar pada tumbuhan yang hasil pada saat panen tanaman.
      -cara merawat tanaman yang kita tanam akan muncul besarnya pada tanaman
      -ketika tingkat keseburan tanah akan meningkat unsur hara pada gulma tanaman

      Hapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Terimakasih atas materi yang diberikan oleh bapak saya Kalista Murniyati Damur ingin bertanya apa yang terjadi jika gulma tidak dibersihkan dan bagaimana cara yang tepat memberantas gulma?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Felisitas Virjin Tabis akan menjawab pertanyaan dari Kalista Murniyati Damur
      Apa yang terjadi jika gulma tidak dibersihkan?
      Menurut saya jika gulma tidak dibersikan akan terjadi perebutan unsur hara,air dan cahaya matahari antara gulma dan tanaman yang di budidaya sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik

      Bagaimana cara yang tepat memberantas gulma?
      Menurut saya cara yang tepat memberatas gulma dengan 3 cara yaitu mekanis,mekanik dan fisik.

      Hapus
  72. Baik pak terimakasih atas materinya, berdasarkan materi yang sudah di sampaikan saya ingin bertanya,apa akibatnya apabila di sekitar tempat bibit di tumbuhi dengan gulma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Agnes Diana Wewo akan menjawab pertanyaan dari teman putri talomanafe

      apa akibatnya apabila di sekitar tempat bibit di tumbuhi dengan gulma?

      -Kualitas produksi pertanian menjadi turun akibat terkontaminasi atau terkotori oleh benih-benih gulma dan bagian tanaman yang lainnya.
      -Gulma tertentu dapat mengeluarkan senyawa kimiawi yang bersifat racun bagi tanaman sehingga merusak pertumbuhannya.
      -Pekerjaan para petani menjadi terganggu dan tidak lancar akibat gulma yang memiliki duri atau rambut-rambut halus yang gatal.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. Coba jelaskan kerugian seperti apa yang ada jika petani mengalami gagal panen
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya akan menjawab pertanyaan dari teman Yohanes A Diegosta Kedaru

      Yaitu petani akan mengalami kerugian pada hasil panen
      Yang kurang maksimal

      Hapus
  75. Baik terimakasih atas materi yang sudah diberikan, saya atas nama paskalis alexander kelake ingin bertanya.

    Mengapa herbisida dapat mematikan satu gulma, tetapi tidak mematikan gulma jenis lain di sekelilingnya?

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. Baik terimakasih atas materi yang sudah di berikan pak.
    Saya atas nama Agnes Diana Wewo ingin bertanya.

    Faktor faktor apakah yang dapat mempercepat pertumbuhan biji gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya atas nama marlin Tamu Apu
      Akan menjawab pertanyaan dari Agnes Diana wewo
      -Faktor faktor apakah yang dapat mempercepat pertumbuhan biji gulma
      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetisi Gulma dengan Tanaman
      Species atau jenis gulma. ...
      Kepadatan gulma. ...
      Saat dan lama persaingan. ...
      Cara budidaya dan varietas yang ditanam. ...
      Serta tingkat kesuburan tanah.

      Hapus
    2. Baik terimakasih atas materi yang sudah di berikan pak.
      Saya atas nama Marlin arlin Tamu Apu ingin bertanya.
      -Ada berapakah cara teknik pengendalian gulma secara mekanis atau fisik yang dapat dilakukan?

      Hapus
    3. Saya akan menjawab pertanyaan dari marlin tamu apu
      1.Pengolahan tanah. Pengolahan tanah menggunakan alat-alat seperti cangkul, garu, bajak, traktor yang berfungsi untuk memberantas gulma. ...

      2.Pembabatan (pemangkasan, mowing). ...

      3.Penggenangan. ...

      4.Pembakaran. ...

      5. Mulsa (mulching, penutup seresah).

      Hapus
    4. Terimakasih untuk materi yang telah bp paparkan
      Saya Emilia Riani Dias ingin bertanya
      1.Bagaiman cara mengatasi gulma spesies rumput dan tumbuhan berdaun lebar agar tidak menyaingi atau tidak merebut zat hara tanaman
      2.kenapa proses pertumbuhan gulma lebih cepat dari pada tanaman

      Hapus
    5. Baik saya Dolorosa Evaristi Malo akan menjawab pertanyaan dari Emilia Riani Dias
      1.Cabut gulma sampai ke akar
      2.Gunakan alat penarik gulma
      3.Buat pembasmi gulma alami
      4.Buang gulma dengan benar
      5.Tebas bakar

      Hapus
  78. Jelaskan mengapa kehadiran gulma dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gulma adalah tumbuhan yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya yang pertumbuhannya tidak dikehendaki dan kehadirannya umumnya merugikan karena dapat menghambat pertumbuhan, mengakibatkan penurunan kuantitas dan kualitas produksi dan dapat menjadi sarang hama dan penyakit.

      Hapus
  79. Baik saya akan menjawab pertanyaan dari Gabrielinda S. Jaya
    karena ada beberapa gulma dapat mengeluarkan senyawa kimia yang disebut zat alelopat yang dikenal dengan istilah alelopati, contohnya saja pada Imperata cylindrica mengeluarkan senyawa fenol pada akarnya sehingga menghambat pernyerapan nutrisi tanaman lain dan juga karena gulma merebut zat hara tanaman.

    BalasHapus
  80. Jadi Baik Saya Atas Nama Dolorosa Evaristi malo Ingin Bertanya : 1. Mengapa Gulma harus Di Kendalikan
    2. Dan Yang Kedua Mengapa penyiagan harus Di Lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya akan menjawab pertanyaan dari dolorosa E. Malo
      Gulma harus dikendalikan karena gulma dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
      Karena gulma dapat merebut unsur hara tanaman


      2. Penyiangan dilakukan guna untuk mengurangi populasi gulma.

      Hapus
  81. Baik bapak terimakasih atas materinya
    Di sini saya akan menanyakan faktor apakah yang dapat mempercepat pertumbuhan biji gulma dan apakah ada cara mudah untuk memperhambat pertumbuhan biji gulma???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan menjawab pertanyaan dari teman Jhosua Markus Adu He
      Faktor yang mempercepat pertumbuhan biji gulma yaitu faktor iklim atau Cuaca dan cara memperhambat pertumbuhan biji Gulam yaitu dengan melakukan tebas bakar.

      Hapus
    2. Beberapa faktor penting dalam pertumbuhan gulma yaitu cahaya, air, dan suhu.

      Memperhambat pertumbuhan biji gulma dengan cara membakar lahan tersebut untuk menghindari pertumpahan biji gulma

      Hapus
  82. Mengapa gulma lebih bertahan lama pertumbuhannya dibanding tanaman yang dibudidayakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya atas nama paskalis alexander kelake akan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh teman Firda baru
      Pertanyaannya:
      Mengapa gulma lebih bertahan lama pertumbuhannya dibanding tanaman yang dibudidayakan?

      Karena gulma adalah tumbuhan yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya yang pertumbuhannya tidak dikehendaki dan umumnya merugikan karena dapat menghambat pertumbuhan, mengakibatkan penurunan kuantitas dan kualitas produksi dan dapat menjadi sarang hama dan penyakit. Gulma harus segera ditanggulangi pertumbuhannya agar tidak berkembang pesat.

      Hapus
  83. Disini saya ingin bertanya mengapa Gulma itu menjadi perhatian utama petani sebelum menanam tanaman????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gangguan gulma terhadap tanaman pertanian sering kali sangat serius, sehingga mengakibatkan kerugian dan kemerosotan hasil panen.

      Hapus
  84. Mengapa gulma perlu di kendaliak bukan di brantas

    BalasHapus