- Pertanyaan 1. Jelaskan secara singkat mengapa setelah dilakukan pembakaran, yang seharusnya mematikan biji gulma, berbagai jenis gulma masih tetap bisa tumbuh menyaingi tanaman.
- Pertanyaan 2. Di antara jenis-jenis tanaman yang yang digunakan sebagai tanaman tumpang sari pada perladangan jagung, tentukan satu jenis tanaman yang paling dapat mengurangi padat populasi gulma dan jelaskan mengapa tanaman tersebut bisa melakukan itu dengan mempertimbangkan bentuk hidup (life form) gulma dan tanaman yang dipilih.
- Pertanyaan 3. Sebutkan nama bahasa daerah yang digunakan di tempat asal Anda dan kemudian sebutkan nama Chromolaena odorata dan Imperata cylindrica masing-masing dalam bahasa daerah diikuti dengan nama dalam Bahasa Indonesia.
- Pertanyaan 4. Jelaskan secara singkat, bagaimana cara Chromolaena odorata dan Imperata cylindrica tetap bisa tumbuh setelah dilakukan pembakaran dengan cara melakukan penelusuran dengan menggunakan layanan Google disertai dengan mencantumkan link dari mana informasi yang digunakan untuk menjelaskan diperoleh. Buat penjelasan dengan menyusun kalimat sendiri, bukan dengan cara menyalin dan menempel langsung dari halaman sumber.
- Pertanyaan 5. Dengan cara yang sama sebagaimana yang telah Anda lakukan ketika mengerjakan Latihan Pembelajaran Kasus materi kuliah 2.2, tentukan: (1) peletakan daun pada batang, (2) tipe pertulangan daun, dan (3) bentuk helai daun gulma pada Gambar 1.
- Pertanyaan 6. Dengan cara yang sama sebagaimana yang telah Anda lakukan ketika mengerjakan Latihan Pembelajaran Kasus materi kuliah 2.2, tentukan: (1) tipe perbungaan, (2) tipe bunga berdasarkan jenis kelaminnya, dan (3) tipe buah gulma pada Gambar 2.
- Pertanyaan 7. Dengan cara yang sama sebagaimana yang telah Anda lakukan ketika mengerjakan Latihan Pembelajaran Kasus materi kuliah 2.3, lakukan: (1) identifikasi gulma pada Gambar 1 dengan menggunakan layanan Identify pada situs Weed lalu sebutkan nama ilmiah gulma yang diperoleh dari hasil identifikasi dan (2) pemeriksaan nama ilmiah hasil identifikasi pada situs pemeriksaan nama ilmiah GBIF Data Portal lalu sebutkan nama ilmiah hasil pemeriksaan disertai dengan nama author.
- Pertanyaan 8. Dengan mempertimbangkan karakteristik biji gulma dan aliran air hujan pada musim tanam yang menentukan bank biji, jelaskan mengapa petani peladang memilih melakukan perladangan pada lahan berkemiringan tinggi.
- Pertanyaan 9. Setelah mempelajari materi kuliah 3.1, jelaskan secara singkat apa yang perlu Anda lakukan untuk menentukan jenis-jenis gulma yang perlu memperoleh prioritas pengendalian.
- Pertanyaan 10. Di antara ketiga penciri komunitas gulma yang sudah Anda pelajari pada materi kuliah 3.1, jelaskan secara singkat, dua penciri mana dari ketiga penciri yang akan Anda peroleh dengan cara menghitung jumlah individu satu jenis gulma yang Anda temukan dalam satu kuadrat sampel.
Selamat Datang
Belajar Ilmu Gulma merupakan blog baru untuk mendukung pembelajaran belnded learning mata kuliah Ilmu Gulma bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog ini merupakan pembaruan dari blog mata kuliah Ilmu Gulma sebelumnya, yang digunakan untuk mendukung pembelajaran blended learning sampai pada semester ganjil 2017/2018. Sejak semester ganjil 2020/2021, blog ini dimodifikasi untuk melaksanakan pembelajaran secara daring penuh. Silahkan kunjungi blog lama untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan yang akan diberikan melalui blog baru ini. Seluruh mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman Semester Ganjil Tahun 2021/2022 wajib melakukan registrasi mata kuliah secara daring (online) dan memeriksa hasil registrasi. Silahkan menjelajah dan membaca. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.